Toko alat survey dan pemetaan indosurta

Jual Sewa Service Dan Kalibrasi alat survey dan pemetaan seperti Total Station Theodolite Auto Level / Waterpass dan Gps



Untuk Meyakinkan Toko Kami Ada, Bapak atau ibu bisa datang langsung ke Kantor atau Toko kami di Klik nama kota nya

JakartaAtauTangerang , Balikpapan , Makassar, Batam , Surabaya , Palembang,Medan , Manado , Cikarang dan Semarang Jawa Tengah


2018-05-28

Cara Menggunakan GPS Garmin

Cara Menggunakan GPS Garmin
Cara menggunakan Gps Garmin
Langkah-langkah menggunakan GPS Garmin
1.       Pemasangan Baterai
GPS Garmin dioperasikan dengan 2 baterai jenis AA, yang dipasang dibagian belakang GPS. Untuk memasang baterai, buka bagian tutup baterai dengan memutar kunci D pada bagian belakang GPS seperempat putaran berlawanan arah jarum jam. Masukkan baterai dengan memperhatikan polaritas yang telah ada. Tutup kembali tutup baterai dengan memutar kunci D seperempat putaran searah jarum jam.
2.       Langkah Pertama
Sebelum anda dapat benar-benar menggunakan GPS Garmin untuk navigasi, pertama anda harus menentukan posisi pasti anda saat ini. Untuk melakukan ini, bawalah GPS Garmin anda keluar ke tempat terbuka yang cukup luas. Tekan dan tahan tombol POWER untuk menyalakan GPS anda akan melihat halaman muka selama beberapa detik sebelum GPS Garmin melakukan pengujian secara otomatis, diikuti dengan halaman satelit. GPS Garmin memerlukan sekurang-kurangnya 3 sinyal satelit yang kuat untuk mementukan posisi anda.
3.       Lampu Layar Dan Tingkat Kejelasan Gambar
Untuk menyalakan lampu layar, tekan dan kemudian lepaskan tombol POWER pada layar. Lampu layar sudah ditentukan untuk menyala selama 30 detik untuk menghemat tenaga baterai. Untuk menyesuaikan tingkat kejelasan gambar pada layar tekan dan kemudian lepaskan tombol POWER, kemudian tekan tombol DOWN untuk membuat layar lebih gelap, dan tekan tombol UP untuk membuat layar lebih terang.
4.       Memilih Halaman
Semua informasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan GPS Garmin dapat ditemukan dalam enam halaman utama (layar tampilan). Halaman-halaman ini antara lain Satelit, Trip Computer, Peta, Compas, Altimeter dan Main Menu. untuk memilih halaman-halaman tersebut tekan tombol PAGE sampai anda menemukan halaman yang di inginkan.
                                                   
Gambar . Halaman utama pada GPS Garmin.
5.       Menentukan Waypoint
Waypoint adalah lokasi dimana anda dapat mengeplot (menyimpan dalam memori) sebagai arah untuk navigasi nantinya. Untuk menentukan waypoint adalah dengan cara :
Ø Tekan tombol ENTER sampai halaman mark waypoint muncul.
                                                   
Gambar . Mark WayPoint.
Ø Gantilah waypoint name dan waypoint symbol sesuai keinginan anda, dengan cara menekan enter pada waypoint name dan symbol, kemudian gantilah waypoint name dan symbol sesuai keinginan anda.
Ø Setelah  semua selesai pilih OK lalu tekan ENTER.
6.     Cara membuat Track
Untuk membuat trek adalah dengan cara sebagai berikut:
Ø Tekan tombol MENU dua kali > pilih Track
Ø Pilih clear (apabila precentage of memori in use belum 0 %) > tekan ENTER. Kemudian akan muncu konfirmasi dan pilih OK
Ø Setelah track menjadi 0% maka, track baru siap digunakan.
Ø Untuk membuat track baru adalah dengan memilih ON > tekan ENTER.
Ø Setelah track selesai maka simpanlah dengan cara memilih SAVE > tekan ENTER.
 
Gambar . Halaman Track.
7.     Cara membuat Route
Cara membuat route adalah sebagai berikut:
Ø Tekan MENU dua kali > Routes.
Ø Pilih New>< Pilih Next Point>.
Ø Gunakan Menu Find untuk memilih Route Waypoint dari salah satu dari Find groups.

Gambar . Halaman Rute dan  Halaman Rute di Peta
Ø Pilih  Select next point untuk menambahkan waypoint kedalam Route > waypoint yang akan digunakan yang akan digunakan di Recent Finds / Waypoints / Cities / Geocache / Marine > pilih waypoint yang anda inginkan kemudian ENTER dan pilih Use > tekan ENTER. (dan begitu terus sampai seluruh waypoint yang anda butuhkan semua ada)
Ø Pilih Navigate > tekan ENTER
Ø Pilih Follow Road (jika rute tersebut di buat mengikuti jalan) atau Off Road (jika rute yang di buat tidak mengikuti jalan
8 Menghitung Luas Area Menggunakan GPS Garmin
GPSMap  sangat cocok digunakan untuk Anda yang sering mengerjakan pengukuran di lapangan, seperti pengukuran lahan pertanian, pertanahan, pertambangan, dll.
Berikut langkah-langkahnya :
Ø Nyalakan GPS  Anda dan tunggu sampai sinyal satelit terhubung dengan GPS, jika indikator sinyal satelit sudah muncul dan posisi/koordinat sudah ada berarti GPS sudah siap digunakan.
                                    
Gambar . Halaman Satelit dan Halaman Menu
Ø Secara default fitur/halaman menghitung luas belum ada di GPS Anda, untuk itu halaman harus di setting manual dengan cara :
a.     Tekan tombol MENU 2 kali, akan muncul halaman menu utama, setelah itu pilih SETUP.
b.     Tekan tombol ENTER
c.      Pilih Page Sequence lalu ENTER, 
d.     Muncul halaman tambah halaman, tekan tombol Rocker bawah sampai ke pilihan Add Page lalu ENTER. Pilih Area Calculation dan akhiri dengan tombol ENTER.

Gambar. Halaman Menu Setup dan Halaman Sequence.
Ø Setelah penambahan halaman sudah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu tekan tombol PAGE beberapa kali sampai muncul halaman Area Calculation.
Ø Tekan Tombol Start di halaman Area Calculation, setelah Anda ENTER tombol Start berubah menjadi tombol Stop, jika demikian berarti GPS sudah siap digunakan untuk menghitung Luas Area.
Gambar . Halaman peta dari Area Calculation.
Ø Silahkan anda berjalan di area yang akan dihitung luasnya, dari titik A (mulai) sampai kembali ke titik A lagi (akhir).
Ø Setelah mengelilingi area yang diukur, lalu Anda tekan tombol Stop. Dibawah tombol Stop akan muncul hasil dari perhitungan area tersebut.
Ø Dihalaman selanjutnya akan muncul keterangan dari hasil kalkulasi area, seperti :
a.     Name (anda bisa mengganti nama yang Anda inginkan dengan menekan tombol Rocker ke atas sampai ke field Name,
b.     ENTER dan isi nama sesuai yang Anda inginkan), selain informasi Name ada juga informasi Distance (jarak), Area, dan Color (warna). Setelah itu Anda tekan tombol OK untuk menyimpan hasil pengukuran.
              
Gambar. Halaman peta dari Area Calculation dan Halaman Area Calculation.
Catatan : Pengukuran luas area menggunakan GPS Garmin sangat tidak disarankan karena akurasi GPS Garmin sekitar 5 - 15 meter, untuk pengukuran yang lebih akurat Anda bisa menggunakan GPS tipe Pemetaan atau GPS Geodetik yang akurasinya bisa mencapai 5mm - 10mm.
9.     Cara Memasukkan Titik ke Google Earth
Langkah-langkah memasukkan titik ke dalam Google Earth :
  1. Membuka Aplikasi google Earth, setelah Aplikasi terbuka, pilih Add yang berada di deretan Menu > pilih Placemark / Ctrl + Shift + P.            
Gambar. Penambahan titik pada google earth.

  1. Setelah muncul Google Earth – New Placemark > Masukkan koordinat yang tempat yang akan di masukkan mulai dari Zone, Easting, Northing ( Jika Koordinatnya UTM) > ubahlah nama yang pada tempat yang anda inginkan, misal Prodi P. Geografi > setelah semua selesai pilih OK  maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar. Halaman Google Earth – New Placemark

Terimakasih

NB 


Bagi yang berminat membeli Gps Qarmin kami menyediakan bermacam merek Theodolite  seperti dari SOKKIA | TOPCON | NIKON | SOUTH dan RUIDE
Dan kami juga melayani jasa Service dan kalibrasi Bersertifikat Resmi serta Praktek Pelatihan Alat Langsung secara gratis bagi yang membeli alat tersebut

Kami juga Menyediakan: Penjualan, Penyewaan / Rental, Service Dan Kalibrasi Layanan Peralatan Survey Dan Pemetaan Seperti Total Station, Theodolite, Waterpass, GPS dan Kompas

PT Alat Ukur Indosurta  Memberikan Layanan Pelatihan Gratis untuk para konsumen yang belum memahami cara menggunakan alat seperti Total station , Theodolite , Waterpas dan Gps Untuk yang berminat segera hub bapak agus via SMS /TLP /WA di : 082110287745,



http://whos.amung.us/widget/7z8bkhlcmfy0.png